Rekap Pergantian Roster Tim Dota 2 Pasca The International 8 (Update 15 September 2018)

rekap roster shuffle setelah the international 8

Setelah ajang The International 8 berakhir dan untuk bersiap memasuki musim kompetisi yang baru, inilah perubahan Roster yang dilakukan oleh tim-tim Profesional Dota 2 pasca TI 8.

Update terakhir tanggal 15 September 2018

46. Forward Gaming ambil alih Roster VGJ.Storm
Setelah pengumuman terakhir dari Roman "Resolut1on" Fominok dimana mereka akan mengganti Jingjun "Sneyking" Wu dengan Saahil "UNiVeRse" Arora serta mendatangkan Kurtis "Aui_2000" Ling sebagai pelatih. Roster yang dilepas oleh tim VGJ karena permasalahan kepemilikan ini, akhirnya membuka kesempatan bagi organisasi atau tim Dota 2 untuk merekrut mereka. Kini organisasi E-Sports yaitu Forward Gaming akhirnya memberikan pengumuman bahwa mereka akan masuk ke dalam game Dota 2 dengan menggunakan Roster dari Roman "Resolut1on" Fominok.

Roster Forward Gaming saat ini :
- Yawar "YawaR" Hassan
- Roman "Resolut1on" Fominok
- Saahil "UNiVeRsE" Arora
- Arif "MSS" Anwar
- Avery "SVG" Silverman
- Kurtis "Aui_2000" Ling (Pelatih)

45. Troels "syndereN" Nielsen buat tim Dota 2 bernama Happy Guys
Pernah bermain sebagai pemain Pro dan akhirnya lebih berfokus sebagai Talent dan Caster untuk Dota 2, akhirnya "syndereN" memutuskan untuk kembali maju sebagai pemain bersama dengan Ilya "Illidan" Pivcaev yang merupakan mantan pemain Team Spirit. Uniknya di tim Happy Guys terdapat seorang pemain asal Finlandia yaitu Riki "Buugi" Fält yang merupakan bagian dari teori bahwa diperlukan 1 pemain Finlandia untuk memenangkan The International dimana Team Liquid memenangkan TI 7 dengan adanya Lasse "MATUMBAMAN" Urpalainen yang berasal dari Finlandia dan juga Topias "Topson" Taavitsainen di tim OG Dota 2 yang memenangkan The International 8. Mari kita buktikan teori tersebut dengan tim Happy Guys!

Roster Happy Guys saat ini :
- Ilya "Illidan" Pivcaev
- Kirill "Kzar" Stepanets
- Riki "Buugi" Fält
- Mohammad "AfrOmoush" Abu Al Eis
- Troels "syndereN" Nielsen

44. EHOME umumkan Roster baru mereka
Setelah drama yang terjadi saat pelatih tim EHOME yaitu Zhang 'xiao8' Ning berusaha untuk merekrut Du 'Monet' Peng, akhirnya 'xiao8' berhasil melengkapi tim EHOME dengan mendapatkan 2 pemain Veteran yang pernah memenangkan The International yaitu Zhang 'y`' Yiping and Zhang 'Faith Bian' Ruida dari tim Wings Gaming. Pelatih yang menjuarai The International 4 bersama tim Newbee ini akan menggabungkan 2 pemain Veteran tersebut dengan 3 pemain baru yaitu Luo 'Sea mew' Bin, Jiang 'Tianming' An, dan 鹿乃 (Lunai) untuk bertanding dengan tim-tim besar lainnya. Mampukah tangan dingin 'xiao8' meracik tim EHOME untuk mampu bersaing dengan tim-tim lainnya?

Roster EHOME saat ini :
- Luo 'Sea mew' Bin
- 鹿乃 (Lunai)
- Zhang 'Faith Bian' Ruida
- Jiang 'Tianming' An
- Zhang 'y`' Yiping

43. Chan "WinteR" Litt Binn kembali menjadi pemain Pro bersama tim DeToNator
Setelah pensiun dan menjadi seorang Caster dan pelatih, akhirnya Chan "WinteR" Litt Binn akan kembali menjadi pemain Pro bersama dengan beberapa pemain Pro lainnya seperti Axel "Pablo" Källman dari The Final Tribe dan Benhur "Benhur" Lawis dari tim HappyFeet. Tim DeToNator yang berasal dari Jepang akan berada di regional SEA dan akan ikut serta dalam beberapa kualifikasi terbuka untuk turnamen-turnamen di Dota Pro Circuit 2017-2018.

Roster DeToNator saat ini :
- Steve "Excalibur" Ye
- Benhur "Benhur" Lawis
- Ralph Richard "RR" Peñano
- Axel "Pablo" Källman
- Chan "WinteR" Litt Binn

42. Fnatic umumkan Roster baru mereka
Tim Fnatic yang ditinggalkan oleh 3 pemain mereka yaitu Johan "pieliedie" Åström, Saahil "UNiVeRse" Arora, dan Jacky "EternaLEnVy" Mao akhirnya tetap mempertahankan 2 pemain terakhir mereka yaitu Abed 'Abed' Yusop and Djardel 'DJ' Mampusti. Kini mereka sudah berhasil melengkapi Roster mereka dengan mendatangkan Daryl Koh 'iceiceice' Pei Xiang dan Anucha 'Jabz' Jirawong dari tim Mineski serta Pyo ‘MP’ Noa dari tim Immortals. Selain itu Kim ‘DuBu’ Duyoung dari tim Immortals juga akan bergabung dengan tim ini, namun sebagai pelatih.

Roster Fnatic saat ini :
- Pyo ‘MP’ Noa
- Abed 'Abed' Yusop
- Daryl Koh 'iceiceice' Pei Xiang
- Djardel 'DJ' Mampusti
- Anucha 'Jabz' Jirawong
- Kim ‘DuBu’ Duyoung (Pelatih)

41. compLexity Gaming umumkan Roster baru mereka
Setelah gagal di musim kompetisi Dota Pro Circuit 2017-2018 dan gagal untuk masuk ke ajang The International 8, akhirnya 3 pemain dari compLexity Gaming yaitu David 'Moonmeander' Tan, Adam 'Adam' Shah, dan David 'Moo' Hull memutuskan untuk keluar dari tim. Dengan hilangnya 3 pemain tersebut, akhirnya pihak manajemen memutuskan untuk memberikan kesempatan bagi 3 pemain baru untuk membawa tim asal regional North America ini kembali ke performa terbaik mereka. 3 Pemain baru tersebut adalah Jacky 'EternaLEnVy' Mao yang merupakan mantan pemain Fnatic dan kini akan bermain sebagai Support, lalu Jingju 'Sneyking' Wu dari tim VGJ.Storm, dan Linus 'Limmp' Blomdin dari tim Alliance.

Roster compLexity Gaming saat ini :
- Andrei 'Skem' Gabriel Ong
- Linus 'Limmp' Blomdin
- Jingju 'Sneyking' Wu
- Zakari 'Zfreek' Freedman
- Jacky 'EternaLEnVy' Mao

40. Team Secret datangkan Ludwig 'Zai' Wahlberg dan Michał 'Nisha' Jankowski
Setelah ditinggalkan oleh 2 pemain mereka yaitu Marcus "Ace" Hoelgaard dan Adrian "Fata" Trinks yang memutuskan untuk bergabung bersama tim yang dibentuk oleh Peter "PPD" Dager. Akhirnya Team Secret berhasil mendapatkan pengganti yang akan melengkapi tim mereka. Ada 1 nama lama yaitu "Zai" yang akhirnya akan kembali bermain lagi di Team Secret setelah terakhir bergabung di tahun 2015. Kini "Zai" akan mencoba menggunakan pengalaman serta kemampuannya yang terbentuk dengan bermain di tim-tim besar seperti Evil Geniuses dan OpTic gaming untuk membantu performa dari Team Secret. Lalu ada "Nisha" dari tim Let's Do It yang akan mengisi posisi Carry di tim ini.

Roster Team Secret saat ini :
- Michał 'Nisha' Jankowski
- Yeik Nai 'MidOne' Zheng
- Ludwig 'Zai' Wahlberg
- Yazied 'YapzOr' Jaradat
- Clement 'Puppey' Ivanov

39. Keen Gaming umumkan Roster baru mereka
Gagal selama musim kompetisi Dota Pro Circuit 2017-2018, akhirnya tim Keen Gaming melakukan pergantian Roster untuk menghadapi musim kompetisi yang baru. Beberapa nama besar seperti Hu 'Kaka' Liangzhi dari tim Newbee dan juga Ren 'eLeVeN' Yangwei yang berhasil dipinjam dari tim EHOME. Dengan 2 pemain dari tim Keen Gaming yaitu Huo 'sss' Xiaolei dan Zhai 'Ying' Jingkai serta pemain baru yaitu Song 'dark' Runxi, kini mereka akan berusaha untuk bersaing di regional China yang terbilang cukup berat.

Roster Keen Gaming saat ini :
- Huo 'sss' Xiaolei
- Zhai 'Ying' Jingkai
- Ren 'eLeVeN' Yangwei
- Hu 'Kaka' Liangzhi
- Song 'dark' Runxi

38. Team Aster terbentuk dari 5 pemain Pro di China
Setelah gagal di The International 8, banyak sekali tim China yang langsung melakukan perombakan Roster yang juga dikarenakan oleh masalah kepemilikan. Akhirnya beberapa pemain memutuskan untuk membentuk tim bersama-sama dan mencoba maju di musim kompetisi yang baru. Tim ini terdiri dari beberapa pemain dari VGJ.Thunder, Invictus Gaming, dan Vici Gaming yang tidak mendapatkan tempat di tim mereka lagi. Kini mereka akan mencoba untuk menjadi tim kuda hitam di regional China.

Roster Team Aster saat ini :
- LLiu "Sylar" Jiajun
- Deng "Dstones" Lei
- Lin "Xxs" Jing
- Ye "BoBoKa" Zhibiao
- Lu "Fenrir" Chao

37. Vici Gaming gabungkan Roster dengan VGJ.Thunder
Dengan masalah kepemilikan yang menjadi aturan baru di Dota Pro Circuit 2018-2019, akhirnya pihak manajemen memutuskan untuk menggabungkan Roster VGJ.Thunder dengan tim Vici Gaming. Akhirnya hanya ada 2 pemain yang tersisa dari masing-masing tim yaitu Zhang 'Paparazi' Chengjun dan Zeng 'Ori' Jiaoyang dari tim Vici Gaming serta Zhou 'Yang' Haiyang dan Pan 'Fade' Yi dari tim VGJ.Thunder. Lalu untuk pemain terakhir, tim Vici Gaming merekrut pemain baru yaitu Ding 'Dy' Cong untuk mengisi posisi 5.

Roster Vici Gaming saat ini :
- Zhang 'Paparazi' Chengjun
- Zeng 'Ori' Jiaoyang
- Zhou 'Yang' Haiyang
- Pan 'Fade' Yi
- Ding 'Dy' Cong

36. Mineski umumkan Roster baru mereka
Setelah ditinggalkan oleh 3 pemain mereka yaitu Daryl Koh 'iceiceice' Pei Xiang, Michael 'ninjaboogie' Ross, dan Anucha 'Jabz' Jirawong. Kini tim Mineski sudah mendapatkan pengganti mereka dan siap untuk menghadapi musim kompetisi yang baru di regional SEA. Tim Mineski berhasil mendapatkan mantan pemain Newbee yaitu Damien 'kpii' Chok, lalu Kim ‘Febby’ Yong-min dari tim Immortals, dan yang terakhir adalah pemain baru yaitu Thiay 'March/JT' Jun Wen dari tim Geek Fam. Kini mereka berlima akan siap untuk mengikuti kualifikasi The Kuala Lumpur Major 2018.

Roster Mineski saat ini :
- Thiay 'March/JT' Jun Wen
- Kam 'NaNa/Moon' Boon Seng
- Damien 'kpii' Chok
- Kim ‘Febby’ Yong-min
- Chai 'Mushi' Yee Fung

35. Infamous umumkan Roster baru mereka
Tim asal South America ini akhirnya kembali merekrut Enzo "Timado" Gianoli untuk menjadi bagian dari Roster mereka. Sebelumnya "Timado" sempat dilepas oleh tim Infamous pada tahun 2017 dan Ia kemudian bergabung di tim MidOrFeed dan VGJ.Storm. Lalu ada 2 pemain baru yaitu Adrian "Wisper" Cespedes Dobles dan Joel "MoOz" Mori Ozambela yang ikut bergabung dengan 2 pemain yang tersisa di tim Infamous yaitu sang Kapten Mariano "Papita" Caneda dan Farith "Matthew" Puente.

Roster Infamous saat ini :
Enzo "Timado" Gianoli
Mariano "Papita" Caneda
Adrian "Wisper" Cespedes Dobles
Farith "Matthew" Puente
Joel "MoOz" Mori Ozambela

34. Newbee datangkan He "Inflame" Yongzheng dan Tang "CatYou" Xiaolei
Setelah langsung tereliminasi di fase Main Event ajang The International 8, akhirnya pihak manajemen melakukan perubahan Roster untuk pertama kalinya setelah tim Newbee yang baru terbentuk 2 tahun lalu. 2 Pemain mereka yaitu Damien "kpii" Chok dan Hu "Kaka" Liangzhi akhirnya memutuskan untuk keluar dari tim dan pihak manajemen juga langsung mendapatkan pengganti mereka yaitu "Inflame" yang berasal dari LGD.Forever Young dan "CatYou" yang berasal dari Newbee Young. Kini tim yang berhasil menjadi juara 2 di ajang The International 7 akan siap untuk menghadapi musim kompetisi yang baru dengan Roster mereka.

Roster Newbee saat ini :
- Xu 'Moogy ' Han
- Song 'Sccc' Chun
- He "Inflame" Yongzheng
- Zeng 'Faith' Hongda
- Tang "CatYou" Xiaolei

33. Tim Wind and Rain ganti 2 pemain
Setelah terbentuk pada bulan Juni 2018 lalu, tim WAR ini hampir berhasil masuk ke ajang The International 8 dengan mencapai babak Grand Final kualifikasi regional Europe. Sayangnya mereka kalah dari tim OG Dota 2 dengan skor 3-1 dan akhirnya harus merelakan tiket mereka kepada tim OG Dota 2. Namun melihat apa yang berhasil mereka capai, akhirnya tim ini memutuskan untuk tetap bersama-sama dan mengganti 2 pemain mereka dengan pemain Veteran yaitu David "Moo" Hull dari tim compLexity Gaming. Lalu pelatih mereka yaitu Park "March" Tae-won akan kembali menjadi pemain dan mengisi posisi 5 di tim tersebut. Saat ini mereka juga membuka diri untuk direkrut oleh organisasi yang membutuhkan Roster Dota 2.

Roster Wind and Rain saat ini :
- David "Moo" Hull
- Jonathan Bryle "bryle" Santos De Guia
- Lee "Forev" Sang-don
- Milan "MiLAN" Kozomara
- Park "March" Tae-won

32. Team Lotac muncul dengan beberapa nama Veteran
Pemain-pemain asal regional SEA yang keluar dari tim mereka pasca The International 8, akhirnya memutuskan untuk bergabung bersama dan membentuk Team Lotac. Di tim ini ada beberapa nama besar seperti mantan pemain TnC Predator yaitu Marc Polo Luis "Raven" Fausto, lalu mantan pemain Fnatic dan Battle Arena Elites yaitu Khoo “Ohaiyo” Chong Xin, dan juga Ng "YamateH" Wei Poong yang pernah bermain untuk tim Orange dan MYM. Kini mereka akan mencoba untuk menjadi penantang baru di regional SEA.

team lotac terbentuk

Roster Team Lotac saat ini :
- Marc Polo Luis "Raven" Fausto
- Kee Chyuan "ChYuan" Ng
- Khoo "Ohaiyo" Chong Xin
- Nico "eyyou" Barcelon
- Ng "YamateH" Wei Poong

31. Tim Battle Arena Elites bubarkan Roster Dota 2
Setelah membentuk Roster untuk mengikuti kualifikasi The International 8 dan gagal untuk masuk ke turnamen Dota 2 terbesar tersebut, akhirnya pihak manajemen memutuskan untuk membubarkan Roster Dota 2 mereka. Kini seluruh Roster Battle Arena Elites akan berstatus Free Agent dan bisa bergabung dengan tim manapun yang membutuhkan jasa mereka.

Roster tim Battle Arena Elites yang dibubarkan :
- Chong “Ciaoba” Wei Lun
- Hiew “AlaCrity” Teck Yoong
- Khoo “Ohaiyo” Chong Xin
- Lim “Net” Wai Pern
- Ng “YamateH” Wei Poong
- Chan “WinteR” Litt-Binn (Coach)

30. Team Spirit ganti 3 pemain untuk lengkapi Roster mereka
Hanya 2 pemain dari Team Spirit yang disimpan oleh pihak manajemen, dan mereka adalah Malthe 'Biver' Winther dan Artsiom 'FNG' Barshak. Lalu Team Spirit mengambil 3 pemain asal Europe yaitu Oliver "oliver" Lepko, Leon "Nine" Kirilin, dan Mikki Mørch "HesteJoe-Rotten" Junget untuk menggantikan 3 pemain CIS mereka yaitu Alexander 'DKphobos' Kucheria, Ilya 'Illidan' Pivcaev, dan Sergey 'G' Bragin.

Roster Team Spirit saat ini :
- Oliver 'oliver' Lepko
- Leon 'Nine' Kirilin
- Mikki Mørch 'HesteJoe-Rotten' Junget
- Malthe 'Biver' Winther
- Artsiom 'FNG' Barshak

29. Tigers datangkan David "Moonmeander" Tan dan Lai "Ahjit" Jay Son
Setelah hampir berhasil masuk ke ajang The International 8, nampaknya tim Tigers (Dulunya TnC Tigers) melihat potensi tim mereka dan akhirnya memutuskan untuk memberikan kesempatan bagi mereka pada musim kompetisi Dota Pro Circuit 2017-2018. Namun ada 2 pemain yang akan digantikan oleh pemain Pro berpengalaman yaitu "Moonmeander" dan "Ahjit", mereka adalah Trịnh "458" Văn Thọ dan Lee "kYxY" Kong Yang. Selain itu di tim ini ada 2 pemain Indonesia yaitu Muhammad "inYourdreaM" Rizky dan Kenny "Xepher" Deo yang mungkin akan mendapatkan kesempatan untuk bermain di turnamen Minor ataupun Major nantinya.

Roster Tigers saat ini :
- Lai " Ahjit " Jay Son
- Muhammad "inYourdreaM" Rizky
- David 'Moonmeander' Tan
- Kenny "Xepher" Deo
- Sivatheeban "1437" Sivanathapillai

28. Tim baru bernama Team Team muncul dengan manajer asal Indonesia
Sebuah tim baru muncul di regional North America dengan beberapa pemain Veteran seperti Eric "Ryoya" Dong yang pernah bermain untuk tim Immortals dan VGJ.Storm, lalu ada Braxton "Brax" Paulson yang bermain di Cloud9, dan Guilherme Silva 'Costabile' Costábile dari tim SG e-sports. Uniknya manajer dari Team Team berasal dari Indonesia dan untuk saat ini masih belum diketahui siapa sosok manajer tersebut.

Roster Team Team saat ini :
- Guilherme Silva 'Costabile' Costábile
- Eric 'Ryoya' Dong
- Braxton 'Brax' Paulson
- Jason 'Newsham' Newsham
- Michael 'ixmike88' Ghannam

27. paiN Gaming bubarkan Roster Dota 2, namun Roster tetap bersama-sama
Meskipun menjadi perwakilan dari regional South America di ajang The International 8, namun tim paiN Gaming hanya berhasil menempati posisi terakhir dengan langsung gugur dari fase Group. Meskipun dilepas oleh paiN Gaming, namun seluruh Roster masih tetap bersama kecuali Geytor "Duster" Pereira yang akan digantikan oleh pelatih mereka sendiri yaitu Rasmus "MISERY" Filipsen. Untuk saat ini mereka berlima akan menunggu organisasi yang mau merekrut tim mereka.

roster pain gaming cari tim baru

Roster Rasmus "MISERY" Filipsen saat ini :
- William 'hFnk3' Medeiros
- Omar 'w33haa' Aliwi
- Otávio 'tavo' Gabriel
- Danylo 'KINGRD' Nascimento
- Rasmus 'MISERY' Filipsen

26. Immortals bubarkan Roster Dota 2
Setelah hasil yang kurang bagus di musim kompetisi Dota Pro Circuit 2017-2018 dan akhirnya gagal untuk masuk ke ajang The International 8, akhirnya pihak manajemen memutuskan untuk melepas Roster Dota 2 mereka dan tidak memperpanjang kontrak kerja dengan mereka yang membuat seluruh pemain Immortals akan berstatus Free Agent.

Roster tim Immortals yang dibubarkan :
- Eric 'Ryoya' Dong
- Pyo ‘MP’ Noa
- Taesung 'Velo' Kim
- Kim ‘Febby’ Yong-min
- Kim ‘DuBu’ Duyoung

25. Na'Vi datangkan pemain terakhir mereka yaitu Evgenii "Chuvash" Makarov
Setelah mengumumkan Roster baru mereka yang baru terdiri dari 4 pemain, kini Role terakhir yang tersisa yaitu Support akan diisi oleh "Chuvash" yang berasal dari Team Empire. Selain itu, tim Na'Vi juga mengambil Andrey "Mag" Chipenko untuk menjadi pelatih baru di tim asal Ukraina ini. "Mag" merupakan pemain Veteran di Dota 2 dan sudah bermain di berbagai tim besar sebelumnya, kini Ia akan mencoba membantu tim Na'Vi untuk kembali menjadi tim besar seperti dulu.

Roster Na'Vi saat ini :
- Vladislav "Crystallize" Krystanek
- Idan "MagicaL" Vardanyan
- Evgeniy "Blizzy" Ree
- Evgenii "Chuvash" Makarov
- Akbar "SoNNeikO" Butaev
- Andrey "Mag" Chipenko (Pelatih)

24. Damien "kpii" Chok dan Hu "Kaka" Liangzhi keluar dari Newbee
Kabar bahwa Newbee membubarkan Roster mereka tampaknya tidak benar karena untuk saat ini baru ada 2 pemain mereka yang keluar dari tim yaitu "kpii" dan "Kaka". Juara ke-2 di The International 7 ini memang kehilangan performa mereka di ajang The International 8 dan hanya mampu menempati posisi 13-16. Akhirnya tim yang terbentuk bersama-sama di bulan September 2016 ini harus berpisah dengan 2 pemain mereka, untuk saat ini belum diketahui siapa yang akan mengisi posisi yang ditinggalkan oleh "kpii" dan "Kaka".

Roster Newbee saat ini :
- Xu 'Moogy ' Han
- Song 'Sccc' Chun
- Zeng 'Faith' Hongda

23. The Final Tribe datangkan Rasmus "Chessie" Blomdin
Ditinggalkan oleh Axel "PABLO" Källman sekitar 2 bulan lalu, akhirnya tim asal regional Europe ini berhasil mendatangkan sosok veteran untuk mengisi posisi tersebut. "Chessie" yang terakhir bermain di tim compLexity Gaming. Dengan kedatangan "Chessie", Adrian "Era" Kryeziu akan berganti posisi ke Support dan menjadi Kapten sekaligus Drafter bagi tim The Final Tribe.

Roster The Final Tribe saat ini :
- Pontus "Frost" Frost
- Rasmus "Chessie" Blomdin
- Jonas "jonassomfan" Lindholm
- Simon ‘Handsken’ Haag
- Adrian "Era" Kryeziu

22. Vega Squadron umumkan Roster baru
Setelah ditinggalkan oleh Evgeniy "Blizzy" Ree yang pindah ke Na'Vi dan Semion "CemaTheSlayer" Krivulya yang bergabung dengan tim Odium, kini akhirnya pihak manajemen memutuskan untuk hanya mempertahankan 2 pemain mereka yaitu Nikita "Palantimos" Grinkevich dan Bakyt "Zayac" Emilzhanov dan mendatangkan 3 pemain baru.

Roster Vega Squadron saat ini :
- Nikita "Palantimos" Grinkevich
- Duulat "Stormc4t" Subankulov
- Alexander "Flow" Sazonov
- Bakyt "Zayac" Emilzhanov
- Vladimir "yol" Basov

21. TnC Predator datangkan Michael “Ninjaboogie” Ross, dan Kim “Gabbi” Santos
Untuk mengisi posisi yang ditinggalkan oleh Sam "SamH" Hidalgo Sam dan Marc Polo Luis "Raven" Fausto, tim TnC Predator akhirnya memilih 2 mantan pemain Mineski yang memutuskan untuk keluar dari tim. Kini “Ninjaboogie” akan menjadi kapten dari tim asal Filipina ini dan "Gabbi" akan mengambil Role Carry. Mari kita lihat bagaimana performa dari tim TnC Predator dengan kedatangan 2 pemain baru di musim kompetisi Dota Pro Circuit 2018-2019.

Roster TnC Predator saat ini :
- Kim “Gabbi” Santos
- Armel Paul “Armel” Tabios
- Carlo “Kuku” Palad
- Timothy “Tims” Randrup
- Michael “Ninjaboogie” Ross

20. Team Empire bentuk Roster baru
Gagal selama musim kompetisi Dota Pro Circuit 2017-2018 dan juga tidak berhasil masuk ke ajang The International 8, membuat tim manajemen memutuskan untuk membentuk Roster baru dengan hanya menyisahkan Yaroslav "Miposhka" Naidenov yang sudah menjadi bagian dari tim selama 2 tahun dan Ia juga merupakan bagian dari Team Empire yang berhasil mencapai posisi 7-8 di ajang The International 8. Kini Roster dari Team Empire sudah lengkap dan siap untuk bersaing di regional CIS untuk tahun ini.

Roster Team Empire saat ini :
- Zaur "Cooman" Shakhmurzaev
- Vladimir "Chappie" Kuzmenko
- Yaroslav "Miposhka" Naidenov
- Oleg "sayuw" Kalenbet
- Igor Andreevich "Maden" Modenov

19. Daryl Koh "iceiceice" Pei Xiang, Michael “Ninjaboogie” Ross, dan Kim “Gabbi” Santos tinggalkan Mineski
Setelah hanya menempati posisi 9-12 di ajang The International 8, akhirnya 3 pemain inti dari tim Mineski akhirnya memutuskan untuk keluar dari tim. Padahal mereka bermain dengan baik selama musim kompetisi Dota Pro Circuit 2017-2018 dan mampu menjadi satu-satunya tim asal regional SEA yang berada di urutan 8 besar dan mendapatkan undangan langsung. Namun kini akhirnya mereka memutuskan untuk berpisah dan tim Mineski harus mencari pemain baru untuk menghadapi musim kompetisi yang baru.

Roster Mineski saat ini :
- Chai "Mushi" Yee Fung
- Kam "NaNa" Boon Seng

18. Ivan "ArtStyle" Antonov lepas jabatan pelatih Virtus.Pro
Setelah gagal membawa tim Virtus.Pro menjadi juara di ajang The International 8, akhirnya pelatih yang sudah menangani tim asal regional CIS selama 1,5 tahun ini terpaksa harus meninggalkan posisinya. "ArtStyle" yang merupakan salah satu Roster tim Na'Vi saat menjadi juara di ajang The International pertama ini berhasil membantu tim VP untuk bisa mendominasi musim kompetisi Dota Pro Circuit 2017-2018 dan bahkan mampu membuat tim ini mendapatkan 4 gelar Major di dalam 1 musim. Kini tim VP akan mencari pelatih baru untuk menggantikan posisi yang ditinggalkan oleh Ivan "ArtStyle" Antonov.

17. OpTic Gaming lepas Roster Dota 2, Peter "PPD" Dager bentuk tim baru
Tim OpTic Gaming akhirnya memutuskan untuk melepas seluruh Roster Dota 2 mereka, padahal tim yang dikepalai oleh Peter "PPD" Dager mampu masuk ke ajang The International 8 dan mendapatkan posisi 8 besar. Hal ini sebenarnya sebuah hasil yang sangat baik bagi tim yang baru terbentuk September 2017 lalu. Selama 1 tahun tim ini berhasil menempati posisi ke-9 di klasemen akhir Dota Pro Circuit 2017-2018 dengan hanya mengikuti 7 turnamen dan berhasil menjadi juara di ajang StarLadder ImbaTV Invitational Season 5. Namun setelah dilepas oleh OpTic Gaming, "PPD" langsung membuat Roster baru dengan melepas Per "Pajkatt" Olsson Lille, Quinn "CC&C" Callahan, dan Ludwig "zai" Wahlberg dan mengganti mereka dengan 2 pemain dari Team Secret yaitu Marcus "Ace" Hoelgaard dan Adrian "Fata" Trinks serta Martin "Saksa" Sazdov yang sempat menjadi Stand-In di OpTic Gaming dan kini bermain di tim BlinkPool. Kini "PPD" sedang menunggu tawaran dari organisasi yang mau merekrut tim mereka untuk musim kompetisi Dota Pro Circuit 2018-2019.

Roster Peter "PPD" Dager saat ini :
- Marcus "Ace" Hoelgaard
- Adrian "Fata" Trinks
- Neta "33" Shapira
- Martin "Saksa" Sazdov
- Peter "PPD" Dager

16. Sam "SamH" Hidalgo Sam dan Marc Polo Luis "Raven" Fausto keluar dari TnC Predator
Setelah gagal di ajang The International 8 dengan hanya menempati posisi 13-16, akhirnya pihak manajemen memutuskan untuk melepas 2 pemain veteran mereka yaitu "SamH" dan "Raven". 2 Pemain ini masuk ke dalam tim setelah pihak manajemen melakukan pergantian Roster setelah The International 6 dan setelah itu, tim TnC Predator berhasil memenangkan ajang WESG 2016. Sayangnya di tahun 2018, mereka kalah bersaing dengan tim-tim asal SEA seperti Mineski dan Fnatic dengan hanya menempati posisi 17 dengan 495 poin di akhir musim kompetisi Dota Pro Circuit 2017-2018.

Roster TnC Predator saat ini :
- Armel Paul "Armel" Tabios
- Timothy "Tims" Randrup
- Carlo "Kuku" Palad

15. Evgeniy "Blizzy" Ree dan Semion "CemaTheSlayer" Krivulya keluar dari Vega Squadron
Pemain yang sudah membela tim Vega Squadron selama 4 tahun, akhirnya "CemaTheSlayer" memutuskan untuk keluar dari tim dan bergabung dengan tim Odium yang baru saja terbentuk dengan pemain-pemain veteran lainnya dari regional CIS. Lalu "Blizzy" yang baru bergabung di awal Januari 2018 juga memutuskan untuk keluar dari tim setelah mendapatkan tawaran untuk bermain di tim Na'Vi dengan Roster yang baru. Di musim kompetisi Dota Pro Circuit 2017-2018, tim Vega Squadron memang hanya berhasil mengikuti 4 turnamen dan mendapatkan hasil terbaik di ajang StarLadder ImbaTV Invitational Season 5 dengan menjadi juara 3-4 di turnamen tersebut. Tampaknya "CemaTheSlayer" ingin mendapatkan tantangan baru dan mencoba bermain bersama pemain lainnya di musim ini.

Roster Vega Squadron saat ini :
- Nikita "Palantimos" Grinkevich
- Dmitry "UnderShock" Bolshakov
- Bakyt "Zayac" Emilzhanov

14. Ilya "Lil" Ilyuk bentuk tim baru bersama pemain veteran
Setelah tidak masuk dalam Roster tim Na'Vi yang baru, mantan pemain Virtus.Pro yang ditukar dengan Vladimir "RodjER" Nikogosyan ini akhirnya memutuskan untuk membuat tim baru untuk bersaing di musim kompetisi Dota Pro Circuit 2018-2019. Di dalam tim baru yang bernama Odium terdapat mantan pemain dari tim Na'Vi yaitu Viktor "GeneRaL" Nigrini, lalu mantan pemain Team Empire yaitu Andrey "Ghostik" Kadyk, serta mantan pemain dari Vega Squadron yaitu Semion "CemaTheSlayer" Krivulya. Saat ini tim Odium baru memiliki 4 pemain dan masih belum diketahui siapa yang kira-kira akan mengisi posisi terakhir tersebut. Mungkinkah Danil "Dendi" Ishutin?

tim odium

Roster Odium saat ini :
- Viktor "GeneRaL" Nigrini
- Ilya "Lil" Ilyuk
- Semion "CemaTheSlayer" Krivulya
- Andrey "Ghostik" Kadyk

13. Johan "pieliedie" Åström, Saahil "UNiVeRse" Arora, dan Jacky "EternaLEnVy" Mao resmi keluar dari Fnatic
Kini akhirnya tim Dota 2 asal South East Asia yang mengkonfirmasi perubahan Roster pasca The International 8. Seluruh pemain Non-SEA dari tim Fnatic akhirnya memutuskan untuk keluar dari tim setelah hasil yang kurang di ajang The International 8 dimana mereka hanya berhasil mencapai posisi 13-16 yang tidak jauh beda dari tahun sebelumnya dimana Fnatic hanya berada di posisi terakhir. Jadi hanya ada 2 pemain yang tersisa di tim Fnatic saat ini dan dengan semakin dekatnya awal kualifikasi untuk musim kompetisi Dota Pro Circuit 2018-2019, tim Fnatic harus segera mencari pemain baru untuk bisa kembali bersaing menjadi tim terbaik di regional SEA.

Roster Fnatic saat ini :
- Abed "Abed" Yusop
- Djardel "DJ" Mampusti

12. Na'Vi bentuk Roster baru, Danil "Dendi" Ishutin dan Ilya "Lil" Ilyuk tidak terpilih
Akhirnya setelah seluruh Roster tim Natus Vincere di-non-aktifkan selama hampir 2 bulan setelah kegagalan mereka di kualifikasi terbuka regional CIS untuk ajang The International 8, kini pihak manajemen sudah mengumumkan Roster terbaru mereka dan tidak ada nama "Dendi" serta "Lil" di dalam tim Na'Vi yang baru. Akhirnya setelah bermain untuk tim Na'Vi selama 8 tahun, kini "Dendi" akan berpisah dengan tim yang telah membesarkan namanya serta tim yang berhasil mendapatkan gelar The International pertama di tahun 2011. Awalnya tim Na'Vi sempat menimbang untuk merekrut Roster dari VGJ.Storm yang saat ini menjadi tanpa organisasi karena pihak Valve membuat peraturan mengenai konflik kepemilikan tim yang membuat hanya 1 tim saja yang bisa mendapatkan undangan langsung ke ajang The International 9 nantinya. Tapi karena tim tersebut berasal dari regional North America dan tim Na'Vi ada di regional CIS, akhirnya mereka memutuskan untuk membentuk tim dari pemain-pemain CIS.

Roster Na'Vi saat ini :
- Vladislav "Crystallize" Krystanek
- Idan "MagicaL" Vardanyan
- Evgeniy "Blizzy" Ree
- Akbar "SoNNeikO" Butaev

11. Eric "Ryoya" Dong dan Kim ‘DuBu’ Duyoung keluar dari Immortals
Tim Immortals yang berasal dari regional North America berhasil mencuri perhatian di awal musim kompetisi Dota Pro Circuit 2017-2018 dengan berhasil menjadi juara 3-4 di ajang PGL Open Bucharest. Namun akhirnya tim ini hanya dapat masuk ke 2 event lainnya yaitu AMD SAPPHIRE Dota PIT League dan DreamLeague Season 9 dimana tim ini cuma bisa mendapatkan posisi 7-8 besar saja. Tim ini seperti kehilangan arah dan tidak mampu bersaing dengan tim-tim besar lainnya dan meskipun tim Immortals mendapatkan undangan langsung ke kualifikasi regional NA untuk ajang The International, namun akhirnya mereka hanya menempati posisi 3 besar setelah kalah dari Evil Geniuses dan OpTic Gaming sehingga mereka gagal untuk tampil di The International 8.

Roster Immortals saat ini :
- Pyo "MP" Noa
- Taesung "Velo" Kim
- Kim "Febby" Yong-min

10. Winstrike Team pertahankan Roster
Tim yang baru terbentuk pada bulan Februari 2018 dengan nama FlyToMoon ini berhasil mencuri perhatian setelah mereka berhasil menjadi juara 3 di turnamen Major EPICENTER XL. Roster dari tim FlyToMoon memang dapat dikatakan cukup bagus karena mereka semua pernah bermain di tim-tim besar seperti Team Empire, Team Spirit, Gambit Esports, Virtus.Pro, Double Dimension, dan Vega Squadron. Lalu uniknya mereka bisa bermain dengan kompak meskipun berasal dari tim-tim yang berbeda. Berhasil mendapatkan undangan langsung ke kualifikasi The International 8 untuk regional CIS, akhirnya organisasi Winstrike Team memutuskan untuk mengambil alih tim FlyToMoon yang ternyata berbuah manis setelah mereka berhasil masuk ke ajang The International 8 dan berhasil mendapatkan posisi 9-12 yang membuat manajemen memutuskan untuk mempertahankan seluruh Roster dari Winstrike Team.

Roster Winstrike Team saat ini :
- Airat "Silent" Gaziev
- Bogdan "Iceberg" Vasilenko
- Alexey "nongrata" Vasilyev
- Aleksander "Nofear" Churochkin
- Andrey "ALWAYSWANNAFLY" Bondarenko

9. David "Moonmeander" Tan keluar dari compLexity Gaming
Kini giliran David "Moonmeander" Tan yang keluar dari tim compLexity Gaming setelah sebelumnya 2 pemain lainnya yaitu Adam “Adam” Shah dan David "Moo" Hull juga memutuskan untuk keluar dari tim ini. "Moonmeander" bergabung kembali dengan tim compLexity Gaming untuk mengikuti kualifikasi The International 8 di regional North America. Sayangnya tim tersebut gagal untuk masuk ke ajang tersebut dan kini mereka hanya memiliki 2 pemain yang tersisa dan pihak manajemen harus segera mengambil tindakan karena kualifikasi untuk turnamen Major pertama akan dimulai pada tanggal 17 September 2018 dan kualifikasi untuk turnamen Minor dimulai 23 September 2018.

Roster compLexity Gaming saat ini :
- Linus "Limmp" Blomdin
- Zakari "Zfreek" Freedman

8. Elements Pro Gaming pertahankan Roster
Elements Pro Gaming merupakan tim asal regional Europe yang baru terbentuk kembali pada tanggal 14 Mei 2018. Di dalam tim ini ada mantan pemain tim Na'Vi yaitu Nikola "LeBronDota" Popovic, namun sayangnya mereka gagal untuk masuk ke ajang The International 8 setelah mereka hanya menempati posisi 3-4 di kualifikasi terbuka pertama dan 5-8 di kualifikasi terbuka kedua. Tapi selama 2 bulan terakhir tim ini berhasil memenangkan beberapa turnamen-turnamen kecil yang tampaknya menjadi alasan bagi mereka untuk tetap bersama-sama di musim kompetisi Dota Pro Circuit 2018-2019.

Roster Elements Pro Gaming saat ini :
- Uroš "Swiftending" Galić
- Duško "BoraNija" Boranijaševic
- Damir "Mitch" Škaričić
- Dino "dnz" Šavuk
- Nikola "LeBronDota" Popovic

7. Axel "PABLO" Källman keluar dari The Final Tribe
The Final Tribe yang merupakan tim dari regional Europe dengan seluruh Roster yang berasal Swedia akhirnya melepas pemain Support mereka yaitu Axel "PABLO" Källman. Tim ini memang terbilang kurang berhasil selama musim kompetisi Dota Pro Circuit 2017-2018 dimana mereka hanya mengikuti 2 turnamen Minor yaitu GESC: Thailand Minor dan GESC: Indonesia Minor serta Dota 2 Supermajor. Namun tim ini selalu gagal untuk mengamankan posisi 4 besar di 3 turnamen tersebut, namun mereka berhasil memenangkan turnamen joinDOTA League Season 12 Europe. Sayangnya di kualifikasi regional Europe, mereka hanya menempati 7 di klasemen dan gagal masuk ke ajang The International 8.

Roster The Final Tribe saat ini :
- Adrian "Era" Kryeziu
- Pontus "Frost" Frost
- Jonas "jonassomfan" Lindholm
- Simon "Handsken" Haag

6. David "Moo" Hull keluar dari compLexity Gaming
Tidak lama setelah Adam “Adam” Shah keluar dari tim, David "Moo" Hull yang sudah menjadi bagian dari tim compLexity Gaming selama 2 tahun akhirnya memutuskan untuk meninggalkan tim ini dan mencari tim baru. Tim compLexity Gaming memang tidak mampu berkembang dan hanya berhasil mendapatkan 2 prestasi di awal musim kompetisi  Dota Pro Circuit 2017-2018 yaitu di juara 3-4 di ajang StarLadder i-League Invitational Season 3 dan juara 4 di ajang Perfect World Masters. Setelah itu tim ini tidak mampu berbuat banyak dan bahkan akhirnya gagal masuk ke ajang The International 8. Kini tim compLexity Gaming harus segera mencari pemain baru untuk bisa bersaing di kualifikasi Minor pertama yang dimulai tanggal 17 - 21 September 2018.

Roster compLexity Gaming saat ini :
- Linus "Limmp" Blomdin
- David "Moonmeander" Tan
- Zakari "Zfreek" Freedman

5. VGJ.Storm datangkan Saahil "UNiVeRse" Arora untuk gantikan Jingjun "Sneyking" Wu, Kurtis "Aui_2000" Ling jadi pelatih
Tim VGJ.Storm langsung mengambil langkah cepat untuk memperkuat tim mereka dengan mengambil pemain veteran dari tim Fnatic yaitu Saahil "UNiVeRse" Arora untuk menggantikan Jingjun "Sneyking" Wu. Setelah hanya mendapatkan posisi 7-8 di ajang The International 8, tim VGJ.Storm merasa perlu melakukan perombakan untuk meningkatkan performa mereka. Selain "UNiVeRse", tim asal regional North America ini juga membawa pelatih tim Fnatic yaitu "Aui_2000". Jadi tampaknya tim VGJ.Storm akan siap untuk menghadapi musim kompetisi Dota Pro Circuit 2018-2019.

Roster VGJ.Storm saat ini :
- Yawar "YawaR" Hassan
- Roman "Resolut1on" Fominok
- Saahil "UNiVeRsE" Arora
- Arif "MSS" Anwar
- Avery "SVG" Silverman
- Kurtis "Aui_2000" Ling (Pelatih)

4. PSG.LGD pertahankan Roster
Tim terbaik China saat ini gagal untuk menjadi juara The International 8 setelah kalah tipis dari tim OG Dota 2 di babak Grand Final dengan skor akhir 3-2. Pertandingan tersebut juga bisa dikatakan sebagai pertandingan Grand Final terbaik sepanjang sejarah The International. Selain bermain dengan baik di ajang The International 8m, tim ini juga mampu memperlihatkan hasil baik selama musim kompetisi Dota Pro Circuit 2017-2018 terutama di akhir musim dimana mereka berhasil mengamankan 2 gelar Major. Pastinya pihak manajemen akan tetap mempertahankan seluruh Roster mereka karena dapat dikatakan mereka adalah tim China terbaik saat ini dan juga nomor 2 terbaik di dunia setelah ajang The International 8.

Roster PSG.LGD saat ini :
- Wang "Ame" Chunyu
- Lu "Somnus丶M" Yao
- Yang "Chalice" Shenyi
- Xu "fy" Linsen
- Yap "xNova" Jian Wei

3. Virtus.Pro pertahankan Roster
Meskipun lagi-lagi gagal menjadi juara di ajang The International 8 dan hanya menempati posisi 5-6, namun pihak manajemen memutuskan untuk tetap mempertahankan seluruh Roster mereka mengingat hasil bagus yang berhasil didapatkan oleh tim ini selama musim kompetisi Dota Pro Circuit 2017-2018. Mereka berhasil memenangkan 3 Major dan juga menempati posisi pertama di akhir klasemen. Kini tim VP akan mencoba kembali mengulang performa mereka di musim kompetisi yang baru.

Roster Virtus.Pro saat ini :
- Roman "RAMZES666" Kushnarev
- Vladimir "No[o]ne" Minenko
- Pavel "9pasha" Khvastunov
- Vladimir "RodjER" Nikogosyan
- Alexei "Solo" Berezin

2. Stanley "Stan King" Yang keluar dari SG e-sports
Tim SG e-sports juga merupakan salah satu tim yang gagal untuk masuk ke ajang The International 8 setelah kalah dari tim paiN Gaming di babak Grand Final kualifikasi regional South America. Stanley "Stan King" Yang masuk di tim SG e-sports untuk menggantikan posisi kapten yang ditinggalkan oleh Lucas "Bardo" Barbosa. Kini "Stan King" menyatakan bahwa Ia mendapatkan pekerjaan baru dan ingin rehat dari dunia Dota 2 untuk sementara waktu. Saat ini belum diketahui siapa yang akan menggantikan posisi kapten yang ditinggalkan oleh "Stan King".

Roster SG e-sports saat ini :
- Guilherme "Costabile" Costábile
- Adriano "4dr" Machado
- Rodrigo "Liposa" Santos
- Francis "FLee" Lee

1. Adam “Adam” Shah keluar dari compLexity Gaming
Pada bulan Mei 2018, Adam “Adam” Shah dan David "Moonmeander" Tan bergabung dalam tim compLexity Gaming untuk mengikuti kualifikasi The International 8 di regional North America. Sayangnya tim tersebut gagal untuk lolos dan hanya mencapai posisi 5 di kualifikasi tersebut. Akhirnya pihak manajemen memutuskan untuk melepas Adam “Adam” Shah dan mencari pemain yang baru. Untuk saat ini belum diketahui siapa yang akan menggantikan posisi kapten yang ditinggalkan oleh “Adam”.

Roster compLexity Gaming saat ini :
- Linus "Limmp" Blomdin
- David "Moonmeander" Tan
- David "Moo" Hull
- Zakari "Zfreek" Freedman

Pin It
Tags: , ,